Kamis, 27 Desember 2007

pahlawan tanap tanda jasa

terkenang masa-masa yang telah lama dilupakan selama kita masih sekolah. seorang guru dengan penuh semangat mengajarkan kita tanpa rasa lelah, malu, penuh semangat. mereka mengajarkan setiap siswanya untuk mengerti apa yang belum dimengerti dan gurupun berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjelaskan materi denagn baik agar setiap siswa dapt menangkap dengan baik.
saya ingat masa-masa kecil dahulu yang telah lama sekali telah dilupakan yang dahulu saya adalah murid yang sangat susah untuk bisa menangkap mata pelajaran yang telah diajarkan tetapi guruku itu dengan sabar membimbing dan mengajari saya sampai saya menjadi sekarang ini. guru itu bagi saya patut untuk diancungkan sebuah jari karena jasa-jasanya yang tanpa pamrih itu. saya menyadari bahwa menjadi seorang guru tidaklah mudah seperti membalik sebuah telapak tangan saja. ternyata menjadi seorang guru itu adal;ah pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan karena seorang guru di samping harus menguasai materi gurupun harus bisa mengatur kondisi kelasnya dengan baik agar bisa melaksanakan pembelajaran denagn baik.
gurupun harus bisa menjaga amarahnya dan harus bersikap sabar didepan kelas karena tidak semua siswa mudah untuk diajari dan patuh pada perintah guru. saya pernah punya teman yang sangat nakal sekali bahkan ia selalu melawan gurunya sendiri, walaupun begitu guru itu terus berusaha denagn keras sampai anak itu mau mematuhi setiap perintah yang dia terapkan disekolah bahkan sampai saat ini teman saya masih bersifat sama yaitu selalu membantah gurunya sendiri. tapi setelah dia lulus dia merasa bersalah kepada guru tersebut dan minta maaf.
ternyata sebagai seorang guru itu memang tidak mudah bahkan harus dapat mengertia akan perasaan siswanya dan dapat berteman dengan siswa.dismaping mereka harus memberi materi guru harus bisa menjadi teman setiap siswa karna pembelajaran tidak mubgkian telaksana kalau siswa tersebut bermasalah.
apa lagi yang terjadi sekarang ini setiap guru sudah harus mempunyai gelar S1 pendidikan dan apabila mereka ingain mengajar harus sudah ada surat keterangan pengajaran dari pemerintah. dan bahkan sekarang guru dipilih brerdasarkan sebuah seleksi agar gelarnya bisa dianggap resmi dan dapat mengajar denagn baik disetiap sekolahan. karena disamping itu guru yang masih berstatus bantu itu harus siap-siap tersingkir setiap waktu dan bahkan harus mau dipindah tugaskan.
sebenarnya sampai kapan guru bisa tenang mengajar tisatu tempat tanpa harus berpindah-pindah?



Tidak ada komentar: